Cuaca Ekstrem di Indonesia Hari Ini Dipengaruhi Sirkulasi Antisiklonik di Teluk Thailand

Cuaca Ekstrem di Indonesia Hari Ini Dipengaruhi Sirkulasi Antisiklonik di Teluk Thailand

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mendeteksi adanya sirkulasi antisiklonik di Teluk Thailand yang akan turut mempengaruhi cuaca ekstrem di Indonesia.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto mengatakan, sirkulasi antisiklonik di Teluk Thailand dapat mendesak aliran massa udara di wilayah Sumatera.

Namun, selain sirkulasi antisiklonik di Teluk Thailand ini, BMKG juga mendeteksi adanya sirkulasi siklonik yang terpantau di Samudra Timur Filipina.

Cuaca Ekstrem di Indonesia Hari Ini Dipengaruhi Sirkulasi Antisiklonik di Teluk Thailand

Sirkulasi siklonik di Samudera Timur Filipina ini membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) dari Perairan Utara Halmahera.

Daerah konvergensi lainnya terpantau memanjang dari Perairan Kepulauan Bangka Belitung hingga Jambi, Kalimantan Timur hingga Kalimantan Barat, Sulawesi Tenggara hingga Sulawesi Tengah serta daerah pertemuan angin (konfluensi) di Samudra Hindia Barat Sumatera, Samudra Pasifik Utara Papua.

“Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi atau konfluensi tersebut,” jelasnya.

Ia menambahkan, Intrusi Udara Kering (Dry Intrusion) dari Belahan Bumi Selatan (BBS) melintasi Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Nusa Tenggara Timur (NTT) yang mampu mengangkat uap air basah di depan batas intrusi menjadi lebih hangat dan lembab yaitu di Selat Makassar, Laut Jawa, Sulawesi bagian tengah dan Utara.

Oleh karena itu, beberapa kondisi di atas diperkirakan akan meningkatkan potensi terjadinya cuaca ekstrem di Indonesia berupa hujan lebat yang dapat disertai angin kencang dan kilat atau petir pada 23-24 Juli 2022 di sejumlah wilayah berikut.

Potensi cuaca ekstrem Sabtu, 23 Juli 2022

Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Papua Barat, Papua, DKI Jakarta, Jawa Timur, Bali, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan dan Sulawesi Utara.

Potensi cuaca ekstrem Minggu, 24 Juli 2022

Aceh, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat , Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Maluku Utara, Papua Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Maluku dan DKI Jakarta.

Sedangkan, untuk wilayah yang berpotensi terjadi angin kencang adalah Maluku dan Sulawesi Barat.

Bagi Anda yang akan beraktivitas di luar pada akhir pekan ini, terutama di wilayah yang telah disebutkan di atas sebaiknya meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi risiko bencana hidrometeorologi.

Di antara bencana hidrometeorologi yang bisa terjadi akibat cuaca ekstrem yaitu banjir, banjir bandang, banjir rob, gelombang tinggi, tanah longsor, pohon tumbang, tanah tergenang dan licin, serta lain sebagainya.

, , , , , , , , , , , , , , , , ,